Beranda > Bab Bid’ah > Bid’ah

Bid’ah

Oktober 30, 2010

1. Dari ‘Aisyah ra., ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : “Siapa saja yang menngada-ada tentang sesuatu dalam urusan (agama) kami, yang tidak kami perintahkan, maka hal itu ditolak.” (HR Bukhari dan Muslim)
Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda : “Siapa saja yang mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak cocok dengan syariat kami, maka ditolak.”

2. Dari Jabir., ia berkata : “Apabila Rasulullah SAW berkhutbah, kedua matanya memerah, suaranya dan kelihatan sangat marah seakan-akan beliau seorang panglima yang kejam, seraya bersabda : “(Hati-hatilah) Dari pagi sampai sore musuh mengancam kalian!” Selanjutnya beliau bersabda : “Aku diutus sedangkan hari kiamat itu bagaikan dua jari ini, sambil mensejajarkan jari telunjuk dan jari tengah. Beliau bersabda : “Ketahuilah bahwa sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad SAW dan sejelek-jelek perkara agama sepeninggalku adalah melakukan sesuatu yang baru dalam agama, yang demikian itu disebut bid’ah dan setiap bid’ah itu pasti sesat.” Selanjutnya bersabda : “Aku lebih utama (dalam segala hal) dibanding orang mukmin yang lain. Siapa saja meninggalkan hutang atau keluarga yang tersia-sia, maka sayalah walinya atas tanggungan.” (HR. Muslim)

Iklan
Kategori:Bab Bid’ah
%d blogger menyukai ini: